Peace 1

18.41 / /

Rekan-rekan kawula muda,

saat ini kita akan mencoba membahas cara (tekhnik) memperdamaikan antara individu di dalam satu kelompok (persekutuan). Umumnya perdamaian antar individu dapat dilakukan dengan cara konseling pribadi. Namun salah satu tekhnik berikut ini semoga dapat membantu dalam penyadaran antar individu yang bermasalah.

  1. Sediakanlah sebuah garis ditengah ruangan, terserah anda terbuat dari tali yang dipanjangkan atau dengan cara digaris dengan kapur.
  2. Bagilah anggota persekutuan anda menjadi dua kelompok, (usahakan agar setiap individu yang bermasalah terpisah kelompoknya).
  3. Masing-masing kelompok berdiri berjejer dihadapan tali, satu kelompok di sebelah kanan garis dan satu kelompok lagi di sebelah kiri garis. Mereka berdiri saling berhadapan dengan garis berada didepan mereka.
  4. Berikan perintah kepada mereka untuk mundur tiga atau empat langkah ke belakang.
  5. Berikan pertanyaan kepada mereka, setiap anggota hanya menjawab dengan cara menginjakkan kaki di atas garis. Contoh pertanyaan:

· Siapakah dari anda yang merasa sangat dibenci oleh teman anda sendiri? Yang merasa demikian, injaklah garis!

· Siapakah dari anda yang menjadi korban kebencian teman-teman anda? Yang merasa demikian, injaklah garis!

· Siapakah dari anda yang memiliki masalah, baik masalah pribadi, keluarga ataupun masalah yang lainnya? Yang merasa memiliki masalah injaklah garis!

· Dan sebagainya, usahakan agar semakin banyak pertanyaan, semakin menjurus kepada persoalan yang mereka hadapi.

  1. Setelah selesai memberikan pertanyaan, sadarkanlah mereka dengan cara membacakan sebuah tulisan yang berisikan tentang perdamaian.
  2. Tutuplah dengan doa.

Label: